Rabu, 01 Agustus 2018

SEKS DAN GENDER

Halooo selamat pagi....
Hari ini kita akan membahas dulu mengenai "SEKS DAN GENDER"
Apa saja yang akan dibahas ?, ada dibawah yaaa 😉

Pengertian Seks 
Seks ialah fungsi biologis atau fakta biologis tubuh perempuan dan laki - laki.

Sifat :
  1. Merupakan Pemberian dari Tuhan (kodrat)
  2. Tetap atau tidak dapat berubah sepanjang masa
  3. Tidak dapat dipertukarkan atau dialih fungsikan

Pengertian Gender 
Gender adalah perbedaan peran sosial dalam keluarga dan masyarakat, fungsi, tanggung jawab, perilaku dan tempat beraktifitas dari laki - laki dan perempuan yang dibentuk oleh masyarakat.

Sifat :
   1. Berasal dari masyarakat
   2. Dapat dipertukarkan
   3. Dapat berubah

Pemahaman Gender yang Berkembang di masyarakat telah membatasi perempuan dan laki - laki untuk memilih posisi tertentu. Semua itu bersumber dari pemikiran budaya "PATRIARKI" yang memiliki dampak adanya ketidakadilan gender.

Nah pertanyaannya sekarang adalah : APA ITU PATRIARKI ? 😯

PATRIARKI adalah konstruksi dari pemikiran yang ada pada masyarakat dimana menempatkan laki - laki sebagai pusat, dan memiliki derajat yang lebih tinggi daripada perempuan, yang kemudian melahirkan yang namanya GENDER BINARY. 

Kemudian muncul lagi pertanyaan : APA ITU GENDER BINARY ? 😯

GENDER BINARY adalah pemikiran yang ada pada masyarakat, dimana memiliki nilai - nilai didalamnya bahwa laki - laki bersifat superior (kuat, tidak boleh menangis, harus unggul, strata kedudukannya tinggi, pemimpin, pelindung) dan perempuan bersifat inferior (lemah, tidak rasional, tidak mampu memimpin, strata kedudukannya rendah) . 😟

Maka jika dikaitkan PATRIAKI → GENDER BINARY ⟶ KETIDAKADILAN GENDER  😱 


Nah...Agar tidak terlalu banyak... maka kami akan mencoba untuk memisah kan satu persatu dari topik yang akan dibahas, selanjutnya kami akan mencoba mereview beberapa artikel yang terkait dengan PATRIARKI yah ... stay tune yah  😀



Tidak ada komentar: