Selasa, 16 Oktober 2018

V. Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang Pejabat Badan Publik

Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik yang dilakukan Komisi Informasi Pusat, perlu dilakukan penataan pelayanan di antaranya membangun fasilitas kepada masyarakat yang bisa melaporkan langsung akan semua tindakan pejabat publik dalam menjalankan tugas dan fungsinya di Komisi Informasi Pusat jika terjadi dugaan pelanggaran.
Komisi Informasi Pusat dalam hal memberikan pelayanan menjadi tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
Jika anda menemukan pelanggaran informasi publik atau menginginkan informasi publik, dapat mengirimkan mengaduan serta permohonan melalui pos atau email serta bisa datang langsung ke alamat berikut :
Sekretariat
Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah
Jl. Tri Lomba Juang No. 18 Semarang 50234
No. Telepon : 024 - 8411093
No. Fax : 024 - 8411093 ext. 111
Website : http://kipjateng.jatengprov.go.id
Email : kiprovjateng@gmail.com; kiprovjateng@yahoo.com

CONTOH
FORMAT FORMULIR PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK
(RANGKAP DUA)
[nama badan publik dan alamat, nomor telepon, faksimili, email (jika ada)]
FORMULIR PERMOHONAN INFORMASI
No. Pendaftaran (diisi petugas)*: ..........................

Nama :
Alamat :
Nomor Telepon/E-mail :
Rincian Informasi yang dibutuhkan :


Tujuan Penggunaan Informasi :

Cara Memperoleh Informasi** :
1. Melihat/membaca/mendengarkan/Mencatat        
2. Mendapatkan salinan informasi (hardcopy/softcopy)***

Cara Mendapatkan Salinan Informasi*** :
1. Mengambil Langsung
2. Kurir
3. Pos
4. Kurir
5. E-mail
6. Faksimili
Tempat.............., .........................[tanggal, bulan, dan tahun]

Petugas Pelayanan Informasi                           Pemohon Informasi              (Penerima Permohonan)

(………………………….)                (………………………….)
 Nama dan Tanda Tangan                    Nama dan Tanda Tangan

Keterangan:
* Diisi oleh petugas berdasarkan nomor registrasi permohonan Informasi Publik
** Pilih salah satu dengan memberi tanda (√)
*** Coret yang tidak perlu



Contoh
FORMULIR KEBERATAN
(RANGKAP DUA)
[nama badan publik dan alamat, telepon, faksimili, email, dst]
PERNYATAAN KEBERATAN ATAS PERMOHONAN INFORMASI
A. INFORMASI PENGAJU KEBERATAN
Nomor Registrasi Keberatan:________________(diisi petugas)*
Nomor Permohonan Informasi :_________________________
Tujuan Penggunaan Informasi :_________________________
Identitas Pemohon
Nama :_____________________________________________
Alamat :____________________________________________
Nomor Telepon :_____________________________________
Pekerjaan :__________________________________________
Identitas Kuasa Pemohon **
Nama :_____________________________________________
Alamat :____________________________________________
Nomor Telepon :_____________________________________
B. ALASAN KEBERATAN***
a.     Permohonan Informasi di tolak.
b.    Informasi berkala tidak disediakan
c.     Permintaan informasi tidak ditanggapi
d.    Permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta
e.     Permintaan informasi tidak dipenuhi
f.      Biaya yang dikenakan tidak wajar
g.    Informasi disampaikan melebihi jangka waktu yang ditentukan

C. KASUS POSISI (tambahkan kertas bila perlu)
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
D. HARI/TANGGAL TANGGAPAN ATAS KEBERATAN AKAN DIBERIKAN : [tanggal], [bulan], [tahun] [diisi oleh petugas]****
Demikian keberatan ini saya sampaikan, atas perhatian dan tanggapannya, saya ucapkan terimakasih.
..........................(tempat), ...........................[tanggal], [bulan], [tahun] *****
Mengetahui,
Petugas Informasi                                              Pengaju Keberatan
(Penerima Keberatan)

(…………………..........)                         ( ................................... )
Nama & Tanda Tangan                            Nama & Tanda Tangan
KETERANGAN
* Nomor register pengajuan keberatan diisi berdasarkan buku register pengajuan keberatan
** Identitas kuasa pemohon diisi jika ada kuasa pemohonnya dan melampirkan Surat Kuasa.
*** Sesuai dengan Pasal 35 UU KIP, dipilih oleh pengaju keberatan sesuai dengan alasan keberatan yang diajukan
**** Diisi sesuai dengan ketentuan jangka waktu dalam UU KIP
***** Tanggal diisi dengan tanggal diterimanya pengajuan keberatan yaitu sejak keberatan dinyatakan lengkap sesuai dengan
buku register pengajuan keberatan.
 



Tidak ada komentar: