Rabu, 23 Mei 2018

Peran Penting Disabilitas Dalam Menuju Masyarakat yang Inklusi

Pengertian inklusi digunakan sebagai sebuah pendekatan untuk membangun dan mengembangkan sebuah lingkungan yang semakin terbuka; mengajak masuk dan mengikutsertakan semua orang dengan berbagai perbedaan latar belakang, karakteristik, kemampuan, status, kondisi, etnik, budaya dan lainnya. Terbuka  dalam konsep lingkungan inklusi, berarti semua orang yang tinggal, berada dan beraktivitas dalam lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat merasa aman dan nyaman mendapatkan hak dan melaksanakan kewajibannya. Jadi, lingkungan inklusi adalah lingkungan sosial masyarakat yang terbuka, ramah, meniadakan hambatan dan menyenangkan karena setiap warga masyarakat tanpa terkecuali saling menghargai dan merangkul setiap perbedaan.

Adapun yang dimaksud dengan berbagai bentuk perbedaan dan keberagaman diantaranya adalah keberagaman budaya, bahasa, gender, ras, suku bangsa, strata ekonomi, serta termasuk juga didalamya adalah keberbedaan kemampuan fisik / mental. 

Kegiatan ini bertujuan agar teman - teman difabel mengetahui haknya untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan, dengan tujuan inklusi di dalam proses perencanaan dan pembangunan, karena tidak adanya partisipasi dari teman - teman difabel, maka banyak hak - hak yang terabaikan, salah satunya adalah AKSESBILITAS. 
Sehingga harapannya kegiatan ini dapat mengembalikan hak - hak teman difabel untuk terpenuhi, dan kedepannya teman - teman difabel sering dilibatkan dalam proses perencanaan dan pembangunan menuju masyarakat yang inklusi 



Tidak ada komentar: